Ternayata Buah Sangat Penting Buah Anak

Pola gizi seimbang, salah harus dibiasakan sejak awal, termasuk di antarannya makan buah dan sayuran.

Buah sangat penting diberikan sejak usia bayi karena selain merupakan sumber vitamin dan mineral yang di butuhkan oleh tubuh, juga  mengandung phytokimia atau antioksidan yang di butuhkan untuk menghindari berbagai penyakit.

Keunggulan dari aneka buah, di antarannya :

Pisang

Pisang sangat baik dikonsumsi oleh bayi dan anak-anak karena kandungannya yang kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh seperti mineral dan vitamin. Pisang dikenal dengan  kandungan vitamin C, folat, riboflavin, vitamin B8 serta pofassium. Kandungan-kandungan itulah yang membuat anak dengan cepat memperoleh energi mereka kembali setelah seharian beraktivitas. Selain itu, satu buah pisang mengandung 3 konsumsi pisang sangat efektif dalam mencegah konstipasi pada anak.

Pepaya

Buah Pepaya banyk mengandung vitamin, enzim dan mineral. Vitamin  yang banyak terkandung dalam buah pepaya adalah vitamin A, C, E dan B kompleks. Manfaat buah pepaya yang paling populer adalah untuk mempercepat dalam proses pencernaan protein, karena dalam buah pepaya terkandung Enzim Papain. Enzim papain memiliki banyak fungsi untuk tubuh kita, salah satunya adalah memecah protein menjadi arginin, memecah makanan menjadi asam amino sehingga mempermudah tubuh kita dalam proses penyerapan makanan.

Avokad

Kandungan lemak baik yang tinggi dalam buah avokad merupakan makanan yang sangat baik untuk menunjang perkembangan fisik dan otak bayi. Selain itu, buah avokad bebas dari kandungan sodium dan kolesterol. Konsumsi buah avokad akan memenuhi 8% kebutuhan harian akan folat, 4% kebutuhan harian akan serat, kalium dan vitamin E, serta 2% kebutuhan harian akan zat besi. Buah avokad juga menyumbangkan karofenoid dan beta-karoten, yang semuannya itu sangat penting bagi pertumbuhan dan perkembangan sistem saraf pusat dan otak pada bayi.

Jika Balita Tidak Suka Buah

Jangan tinggal diam, upayakan dengan menhidangkan buah tanpa terlihat sebagai buah utuh, misalnya :

  1. Dimasukkan  ke dalam sup buah dibentuk dalam bentuk-bentuk seperti bola-bola kecil, kotak, atau dibuat jus buah segar.
  2. Dimasukkan ke dalam aneka kue, misalnya cake, pie, pudding, crepes, dan martabak.

Yang penting adalah memvariasikan olahan buah supaya anak tidak mudah bosan. Perlu dilakukan pendekatan yang sabar dan ajaklah makan bersama supaya meniru apa  yang dimakan oleh orang tuanya atau orang di sekelilingnya. Pada balita sebaiknya juga dikenalkan sajian buah segar seperti pisang, semangka dipotong, dan jeruk dikupas. Untuk anak sebaiknya diberikan buah-buahan organik.

Baca juga :

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jadikan waktu bermain bersenang-senang dengan mainan terbaik kami dari Raja Unik!