Ungkapan “memasuki segalanya” sangat tepat untuk menggambarkan masa balita. Kabar gembiranya adalah hampir segala sesuatu mengagumkan anak anda. Kabar buruknya sama, hampir segala sesuatu mengagumkan anak Anda, termasuk steker listrik, lubang di mesin video, boneka pajangan milik nenek, lubang pendingin ruangan, mata hewan, lubang kunci, serpihan debu, isi kandang kucing, dan ini baru beberapa di antaranya. Jadi, sementara tidak diperlukan banyak usaha untuk menghibur anak anda, tetapi diperlukan banyak sekali usaha untuk membuatnya aman. Siapkan perlengkapan pertolongan pertama. Lihatlah sekeliling dan gunakan akal sehat Anda. Inilah yang harus di hindari dan cara menghindarinya :

  1.   Tersandung/jatuh: jaga agar ruangan relatif bebas dari benda-benda, pasang penutup untuk ujung-ujung yang runcing, pasang jeruji jendela dan pagar pada anak tangga terbawah dan teratas, pasang alas anti laci di bak mandi atau tempat pancuran air dan di bawah karpet di lantai yang licin.
  2. Keracunan : Pasang kunci pengaman pada setiap lemari berisi obat atau bahan rumah tangga yang beracun, bahkan obat kumur dan kosmetik harus tidak terjangkau oleh anak.  (Anak anda tidak akan meninggal karena makan makanan hewan, tetapi tentu anda juga ingin menjauhkannya!). jika menurut anda anak telah menelan bahan beracun, hubungi dokter atau panggil bantuan darurat sebelum melakukan apapun. Simpan sebotol sirup Ipecac untuk mendorong anak muntah dalam kasus keracunan.
  3. Tersedak : singkirkan mainan gantung dari tempat tidur anak, jauhkan baterai yang sebesar kancing dan segala benda yang lebih kecil dari penampang tabung tisu toilet.
  4. Terjerat : Pendekkan tali gorden, tali tirai dan kabel listrik, atau gunakan penjepit pakaian atau pita perekat agar mereka tidak terjangkau oleh anak.
  5. Tenggelam : Jangan pernah meninggalkan anak seorang diri di kamar mandi, dan jelas tidak meninggalkan anak seorang diri di bak mandi, kolam anak, atau bahkan di dekat ember berisi air, pasang kait pada tutup dudukan toilet.
  6. Terbakar : jauhkan kursi, bangku pijak, dan tangga dari meja dapur dan kompor, pasang penutup tombol kompor, tutup keran mandi dengan pnutup keran atau bungkus dengan handuk, atur suhu pemanas air agar tidak lebih dari 50 derajat celcius.
  7. Sengatan listrik: Tutup semua steker listrik dan pastikan semua fiting lampu dirumah Anda mempunyai bola lampu. Saya menganjurkan orangtua mengambil kursus bantuan pernafasan. Jika anda sudah mengikuti kursus bantuan pernafasan khusus untuk bayi, sebaiknya anda mengikuti kembali kursus penyegaran untuk balita. Balita membutuhkan penanganan keadaan darurat dan bantuan pernafasan yang agak berbeda dengan bayi misalkan dalam mengeluarkan benda yang tersangkut di tenggorokan.

Itulah artikel yang dapat kita share, semoga bermanfaat.

Jika anda membutuhkan mainan Raja Unik solusinya

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jadikan waktu bermain bersenang-senang dengan mainan terbaik kami dari Raja Unik!