Baguskah Buah Durian Untuk Anak?Simak Artikel Berikut

Memilih buah untuk Si Kecil sesungguhnya tidak boleh sembarangan, kendati pada dasarnya semua buah mempunyai kandungan vitamin dan mineral. Bagaimana dengan durian? Apakah buah yang satu ini layak dikonsumsi oleh anak?

Apakah Berbahaya Jika Anak Terlalu Banyak Makan Durian?

Segala hal yang berlebihan tentu bakal membahayakan. Jika durian dikonsumsi oleh Si Kecil kala mereka berusia 2-3 tahun, hal selanjutnya bakal aman-aman saja. Pasalnya, Si Kecil baru bisa terima makanan bertekstur kala usianya telah memasuki umur 2 tahun.

Jika Si Kecil baru kali ini diperkenalkan dengan buah durian, ibu bisa memperkenalkan durian dengan porsi kecil dan tidak berlebihan. Pasalnya, banyak berita mengenai durian yang simpang siur beredar, seperti diperbolehkan memberi durian pada anak berusia di bawah 1 th. gara-gara kandungan serat yang tinggi pada durian. Tak cuma memiliki serat tinggi, durian juga mempunyai kandungan vitamin C dan beta-karoten, dan juga beberapa mineral perlu bagi tubuh, seperti kalsium, fosfor, zat besi, natrium, dan kalium.

Meskipun ada beberapa type durian yang rasanya tidak sangat manis, tapi kandungan gula di dalamnya terbilang tinggi. Pasalnya, durian mempunyai kandungan beraneka macam type gula sederhana, seperti sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang bisa menaikkan kandungan gula darah pada Si Kecil. Jika durian dikonsumsi di dalam porsi yang berlebihan, Si Kecil bisa saja berisiko mengalami obesitas.

Tips Memilih Buah yang Tepat untuk Si Kecil

Jika Si Kecil baru menginjak umur 4-6 bulan, Si Kecil telah bisa mengonsumsi makanan yang dihaluskan, juga buah. Si Kecil tidak wajib diberikan semua type buah sebagai permulaan. Cukup pilih beberapa type buah yang lembut sebagai awal perkenalan, agar bisa dengan ringan dicerna oleh Si Kecil.

Ketika Si Kecil berumur 4-6 bulan, mereka tetap susah di dalam menelan dan mencerna makanan. Dalam hal ini, buah pepaya atau pisang bisa jadi pilihan yang baik. Pasalnya, pepaya merupakan makanan ideal yang baik bagi organ pencernaan, gara-gara teksturnya yang ringan ditelan. Selain itu, buah ini kaya bakal vitamin C dan beta-karoten yang bisa menaikkan sistem imun tubuh dan menolong kebugaran pencernaan.

Sedangkan pisang mempunyai kandungan gula yang bakal lambat dicerna, agar Si Kecil bakal miliki daya yang tahan lama. Dengan bentuknya yang kecil, buah pisang bisa dengan praktis dibawa ke mana pun. Buah ini juga baik di dalam mengobati diare dan sembelit pada anak. Selain ke dua buah tersebut, ibu bisa memberikan Si Kecil buah pir, aprikot, blewah, blueberry, atau persik.

Hal yang Tidak Boleh Dilakukan

Jika ibu punya niat untuk memperkenalkan buah durian, batasi di dalam kuantitas yang sedikit. Ibu bisa memberikannya secara segera atau di dalam campuran minuman, seperti es durian. Jangan memberikan Si Kecil buah dengan rasa asam, seperti lemon, jeruk, atau stroberi sebelum akan usianya mendekati 1 tahun. Pasalnya, buah-buahan type ini bisa mengakibatkan ruam popok pada Si Kecil.

Jika sesudah mengonsumsi buah-buahan spesifik Si Kecil mengalami ruam, diare, atau muntah, sebaiknya jangan memberikan buah yang sama. Hal yang satu ini bisa didiskusikan dengan dokter.

Baca Juga :

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jadikan waktu bermain bersenang-senang dengan mainan terbaik kami dari Raja Unik!