fbpx
Rekomendasi Mainan Bayi untuk Stimulasi Otak

Mempunyai anak yang cerdas sudah pasti menjadi dambaan bagi setiap orangtua. Untuk mewujudkan hal tersebut, orang tua bukan hanya mesti melengkapi keperluan nutrisi si kecil, tapi termasuk menstimulasi kecerdasannya bersama dengan permainan yang tepat. Terdapat beberapa mainan bayi yang sudah dirancang spesifik untuk membantu stimulasi kecerdasan si kecil. Nah, apa saja sih wujud mainan bayi yang sanggup Moms dan Dads memberikan untuk si kecil sesuai tahap usianya? Simak pembahasan lengkapnya!

USIA 0-3 BULAN

Si kecil termasuk dapat terlalu tertarik memainkan benda-benda yang sanggup memantulkan bayangan. Namun sehingga tidak membahayakan, Moms dan Dads sanggup menentukan cermin spesifik bayi yang tidak gampang pecah. Sementara untuk melatih indera pendengarannya, Moms dan Dads sanggup beri tambahan gelang krincingan yang sanggup dipakai di pergelangan tangan atau kaki bayi, si kecil pun dapat terstimulasi untuk menggerakan kaki dan tangannya.

USIA 3-6 BULAN

Pada tahap usia ini, kemampuan motorik si kecil jadi berkembang. Ia jadi sanggup menggenggam mainan dan juga tertarik bersama dengan benda yang terlihat lebih menonjol, Moms dan Dads sanggup beri tambahan playmat yang memiliki tekstur dan yang memiliki benda untuk dipegang. Sehingga tak sekedar menstimulasi anak untuk memegang dan eksplor, termasuk melatih kemampuan mereka tengkurap dan angkat kepala lewat kegiatan tummy time di atas playmat.

Selain itu, memberikan termasuk boneka berbahan lembut sehingga tidak berbahaya melukainya. Ketika menentukan boneka, pastikan mainan bayi selanjutnya tidak memiliki benda-benda kecil seperti pita atau kancing yang beriko lepas dan tertelan. Ketika belanja stroller atau car seat, Moms dan Dads sanggup menentukan yang dilengkapi bersama dengan activity bars. Dengan begitu, si kecil sanggup selalu bermain bersama dengan activity bars yang berada dalam genggamannya sementara tengah jalankan banyak variasi kegiatan.

USIA 6-9 BULAN

Saat berusia 6-9 bulan, si kecil dapat jadi sanggup merangkak dan bergerak ke berbagai tempat. Untuk membantu tumbuh kembangnya, menentukan mainan bayi yang mengajak si kecil untuk banyak bergerak. Salah satu mainan bayi yang sanggup Moms dan Dads menentukan adalah bola karet yang bertekstur di permukaannya. Moms dan Dads sanggup menggelindingkan bola untuk “dikejar” oleh si kecil. Tekstur yang tersedia terhadap permukaan bola termasuk sanggup melatih si kecil untuk mengenal tekstur terhadap suatu benda.

Moms dan Dads termasuk sanggup mengajak si kecil bermain bersama dengan kartu bergambar, Moms dan Dads sanggup membuktikan benda asli yang tersedia dalam kartu tersebut. Misal, ketika si kecil tengah mengfungsikan kartu bergambar bola Moms dan Dads sanggup membuktikan bola yang asli. Bisa termasuk dikerjakan sambil bercerita, dan  nyanyian sehingga lebih menyenangkan.

USIA 9-12 BULAN

Bayi terhadap usia 9-12 bulan dapat jadi tertarik mengikuti prilaku orang-orang di sekitarnya. Karena itu, tidak tersedia salahnya untuk berikan si kecil mainan yang akrab bersama dengan kehidupan sehari-hari. Moms dan Dads sanggup berikan telepon mainan yang sanggup ia mengfungsikan untuk “menelepon” dan mengoceh sendiri. Saat menemani si kecil bermain, Moms dan Dads termasuk sanggup mengajak si kecil mengobrolkan banyak hal mengfungsikan telepon mainan tersebut.

Latih pula kemampuan motorik si kecil bersama dengan mengajaknya bermain permainan balok kayu. Moms termasuk sanggup jadi mengajak si kecil bermain puzzle sederhana untuk menyamakan wujud dan menyusunnya sesuai bentuk. Awalnya si kecil bisa saja dapat ada problem memainkan game bayi ini, tapi lama-kelamaan ia dapat jadi sadar untuk ikuti permainan tersebut.

Nah, itu tadi beberapa saran mainan bayi untuk stimulasi otak yang sanggup Moms dan Dads menentukan untuk si kecil. Dengan menentukan permainan yang tepat, si kecil dapat tumbuh menjadi anak yang cerdas. Sama halnya bersama dengan program edukasi Kodomo Challenge yang beri tambahan materi edukasi si kecil di rumah sesuai bersama dengan tahapan usianya berasal dari jadi usia 1 tahun hingga 4 tahun, si kecil pun tidak dapat jadi ada problem bermain karena mainan yang tersedia di program edukasi Kodomo Challenge sudah sesuai bersama dengan baik. Jadi, jangan hingga keliru pilih, pastikan game bayi yang Moms dan Dads menentukan sudah sesuai bersama dengan tahap usianya.

Add Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *